Kamis, 13 Juli 2017

Pabrik Plastik Minta Insentif

Peminat kantong plastik ramah lingkungan tidak banyak | tas spunbond


tas spunbond


“Dari awal bulan, kami sudah memberlakukan untuk penukaran kantong plastik. Bagi pengunjung yang sudah membawa kantong plastik, bisa diberikan ke Superindo dan akan mendapat potongan sebesar Rp100 per kantong. Selain itu, kita selalu menawarkan kardus atau tas Go Green terlebih dahulu. Penawaran kantong plastik menjadi pilihan terakhir,” ujar Isnaini.

Sedangkan di sejumlah minimarket, mereka masih memberikan kantong plastik secara gratis kepada konsumen. Petugas kasir toko modern bersangkutan mangaku belum menerima pemberitahuan atau pengumuman kapan dimulainya plastik berbayar. 

“Sebenarnya sedikit kurang setuju. Karena pastinya tidak ada persiapan kantong plastik terlebih dahulu. Kalau tiap belanja harus beli kantong plastik, ya boros,” terangnya.

Kemarin, sejumlah ritel mulai menerapkan plastik berbayar. Kepala Kasir Superindo Ronggowarsito, Isnaini Puji Lestari mengungkapkan, kebijakan tersebut diterapkan sejak Minggu (21/2) dan mereka juga sudah lama menyediakan tas Go Green yang bisa dipakai berulang kali.

kantong plastik itu ke tempatnya belanja dan memilih membawa tas sendiri dari rumah.

Berbeda dengan Retno, konsumen ritel lainnya Aris Muzahiri sedikit keberatan kebijakan kantong plastik berbayar. Selama ini dia terbiasa mendapatkan kantong plastik gratis ketika berbelanja.

Sekadar informasi, per hari, pabrik plastik yang sudah berdiri sejak 30 tahun lalu ini mendistribusikan sedikitnya 30 karung kantong plastik ke wilayah Solo dan sekitarnya.

Kebijakan kantong plastik berbayar mendapat respons beragam dari masyarakat. Salah seorang pelanggan ritel terkenal di Solo, Retno Pramitha sangat setuju dengan adanya program tersebut.

Tentang kantong plastik ramah lingkungan, Dani mengungkapkan, pihaknya ikut memproduksi plastik tersebut. Plastik jenis ini diminati rumah sakit dan pabrik-pabrik besar yang membutuhkan kantong plastik sampah.

Persoalannya, peminat kantong plastik ramah lingkungan tidak banyak. Sehingga pabriknya hanya memproduksi jika ada orderan. “Harganya juga lebih mahal daripada kantong plastik biasa,” ungkap dia.

“Imbal balik yang diberikan pemerintah berupa apa? Kalau ada insentif kan kami bisa agak berpikir mau jalan bagaimana, ngaturnya seperti apa?” ungkap dia kemarin.

Lagi pula, lanjut dia, nominal Rp200 per kantong plastik yang dibebankan kepada konsumen kurang memberi daya tekan mengurangi penggunaan kantong plastik. “Jadi rasanya belum solutif,” tambah Dani.

Staf personalia Rajawali Plastik Dani mempertanyakan apakah kebijakan plastik berbayar Rp200 per kantong plastik tersebut diikuti dengan pemberian insentif untuk pengusaha atau tidak. Sebab, jika hanya memberlakukan kebijakan tanpa memberikan insentif, diakui Dani cukup sulit.

Uji coba kantong plastik berbayar di 22 kota dan 1 provinsi membuat penguasaha plastik di Kota Bengawan ketir-ketir. Mereka khawatir terjadi penurunan permintaan yang otomatis berdampak pada omzet.

Karena kantong plastik sisa belanjaan di rumahnya semakin menumpuk. Retno berinisiatif mengembalikan kantong plastik itu ke tempatnya belanja dan memilih membawa tas sendiri dari rumah.

Kantong Kresek Alfamart | tas spunbond



Tentang kapan orang mendambakan makalah tentang Kantong Kresek Alfamart pastinya amat bermacam. Sebab sebagian orang membutuhkannya tergesa-gesa, akan tetapi terdapat juga yang tiada terlalu tergesa2. 

Apapun alasannya, di sini anda bisa memperhatikan tulisan tersebut secara bebas. Kakak tidak perlu mengeluarkan ongkos, kecuali jaringan internet dan PLN. 

Apalagi selain makalah Kantong Kresek Alfamart, anda juga boleh melongok beragam koleksi makalah berbeda yang terkait. Tidak berlebihan jika separuh netizen lama menjelajah situs yg ini. Jika berhasrat mengkontak pengarang, langsung aja chat di angka yang telah dipajang.

Sayangnya dengan terpaksa harus kita informasikan bahwasanya informasi ini tiadalah komplit. Masih ada beberapa perihal yang perlu kita-kita benahi terlebih dahulu supaya memberikan gambaran lengkap bagi kamu. Data yang ada pun belum lengkap supaya membuat informasi terpercaya dan menyenangkan untuk dikau.

Kantong Kresek Alfamart merupakan tulisan yg mana barangkali sedang kakak cari. Amatlah normal, sebab Kantong Kresek Alfamart merupakan pengetahuan yg amat penting supaya diketahui. Selain kamu, barangkali terdapat bejibun netizen yang juga memerlukan informasi yg ini. Kita ingin, makalah singkat ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa agar sampeyan memberi input seputar Kantong Kresek Alfamart di bawah tulisan ini.

Jakarta ketua umum asosiasi pengusaha ritel indonesiaaprindoroy n. mande menyatakan, para pelaku usaha ritel sangat mendukung uji coba penggunaan kantong. 

Berita dan foto terbaru tentang alfamart semuanya ada di tribun timur. sabtu, april 2017cari. kini kantong kresek berbayar rp 200 di alfamidi pangkep Jual beli vsonic uu2 earbuds di lapak kantong kresek - kantongkresek. 

Menjual headphone - the vsonic uu2 earbuds is the first earbuds made by vsonic. 

Cetak kantong plastik, kantong plastik, printing plastik, sablon plastik, shopping bag, polybag, laundry bag, kantong kresek, supermarket bag, supplier plastik. Di mana program tersebut adalah diet kantong plastik. pos ini dipublikasikan di berita dan tag alasan kantong kresek berbayar, alfamart, alfamidi, ceriamart, Plastik kresekindonetwork.co.iddutaplastik kami bergerak di dalam bidang jasa shoping bag cetak kantong plastik plastik softhandle printing plastik. 

Daftar produk kantong plastik dari duta plastik printing kami bergerak di bidangjasa. hd singlet kresek cocok untuk supermarket, alfamart, indomaret.

Kantong kresek. plastik merupakan. hd singlet kresek cocok untuk supermarket, alfamart, indomaret, restauran, superindo, apotik, toko baju , dll Sy pelanggan alfamart tetapi malam ini 10 aug 2016 sy terus terang kecewa dengan alfamart karna. udah gitu parahnya gak di kasih kantong kresek. apa iya. Kalian masih inget kan peraturan kantong kresek berbayar rp. 200,- gue ingat banget alfamart yang pertama kali mengusung peraturan tersebut, dan gue yakin ada.


Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Sudah Berakhir? | tas spunbond



Menurut Roy, situasi seperti akan berlangsung sampai KLHK mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) terkait kebijakan ini, bukan hanya sekedar SE. Hingga saat ini permen tersebut tak kunjung terbit. Padahal sebelumnya ditargetkan Permen tersebut terbit pada akhir Juni.

"(Mengikuti mekanisme pemda) ‎dari para peritel tidak didukung bisnisnya oleh pemda. Ini kan soal keberlangsungan usaha kita. Bahkan ada Pemda yang ingin meniadakan kantong plastik‎, itu di Banjarmasin. Ini membuat kita bingung. Peritel melihat secara situasional di daerahnya masing-masing," kata dia.

‎Oleh sebab itu, saat ini asosiasi menyerahkan penerapan kebijakan plastik berbayar ini kepada masing-masing peritel. Alhasil, kini ada peritel yang memutuskan menggratiskan kantong plastiknya, tapi ada juga yang tetap mengenakan biaya sebagai barang dagangan, dan ada yang mengikuti mekanisme Pemda.

"Begitu keluar SE kedua itu, isinya mencengangkan kami. Sebelumnya harga itu kan Rp 200 sebagai harga terendah dan kantong plastik ini jadikan barang dagangan. SE kedua harga diserahkan atas dasar kewenangan Pemda. Ini membuat situasi jadi membingungkan. Kok jadi begini, ini tidak melalui audiensi dengan kami," lanjut dia.

Namun SE kedua KLHK mengagetkan para pengusaha ritel. Itu karena dalam SE lanjutan mekanisme kebijakan plastik berbayar diserahkan pada pemda. Padahal sejak awal peritel tidak setuju jika mekanisme tersebut dan lebih memilih mekanisme diserahkan pada kesepakatan peritel.

"Kita menjalankan sesuatu sesuai dengan apa yang di SE pemerintah. Yang pertama itu sudah berakhir pada 31 Mei. Setelah itu kita sempat pertanyakan kelanjutannya. ‎Sehingga muncul SE kedua pada 8 Juni, itu satu minggu setelah berakhirnya SE pertama berakhir. Saat itu ada peritel yang ambil langkah untuk menggratiskan kantong plastiknya," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey mengatakan pada SE KLHK yang pertama, uji coba penerapan kantong plastik berbayar hanya berlaku hingga 31 Mei 2016. Kemudian SE kedua baru diterbitkan KLHK pada 8 Juni 2016.

Hal ini seiring keluarnya surat edaran (SE) kedua dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menyatakan mekanisme penerapan kebijakan tersebut diserahkan pada masing-masing pemerintah daerah.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan kebijakan kantong plastik berbayar saat ini diserahkan ke masing-masing peritel modern di Indonesia.

Oleh karena itu, per 1 Juni 2016, ritel modern anggota Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) kembali memberikan kantong plastik GRATIS yang ramah lingkungan (oxydegradable) kepada konsumen.

Seturut kesepakatan antara Aprindo dengan bupati/wali kota, di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri, program kantong plastik berbayar hanya berlaku 21 Februari hingga 31 Mei 2016. 

Sekedar info utk kawan2 yang berbelanja di supermarket atau minimarket, bahwa: KANTONG PLASTIK SUDAH TIDAK LAGI BERBAYAR.

"Ini sampai tak ada permen yang katanya akhir Juni. Tapi karena ada Lebaran katanya akhir Juli atau Agustus. Kita diharapkan Permen-nya kita diikutsertakan. Ini kembali lagi bagaimana dinamika seperti ini diredam, supaya ke depan kebijakan ini bisa berjalan lebih mulus," tandas dia.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar