Kamis, 27 Juli 2017

Kurangi Sampah Plastik, Model Laura Muljadi Bawa Tas Sendiri Saat Belanja

Gaya hidup yang serba praktis dan instan membuat orang kini cenderung menggunakan plastik  | goodie bag


goodie bag


Visi yang sama juga dijalankan oleh brand kosmetik ramah lingkungan, The Body Shop. Dalam konferensi pers yang bertempat di Patio Tribeca Park, Central Park, Jakarta Barat, Selasa (19/03/13) brand besutan Anita Roddick ini mengajak masyarakat untuk turut andil dalam "Green Month Campaign", gerakan mengurangi ancaman sampah plastik bagi kelestarian bumi dan isinya. 

Sebagai ganti kantong plastik, The Body Shop menggunakan kantong kertas untuk membungkus produk yang dibeli konsumen. Dengan slogan "Say No to Plastic" brand ini juga mengajak masyarakat untuk mengurangi botol plastik kemasan. 

Masyarakat dapat memberikan botol plastik untuk nantinya dicacah dan dijual ke pengumpul yang hasil penjualannya disumbangkan untuk pengembangan sekolah anak pemulung BISA di Bintaro.

Selain mengurangi penggunaan plastik, model 28 tahun itu juga menerapkan gaya hidup peduli lingkungan. "Sejak kecil kami terbiasa merencanakan tujuan belanja kami di satu hari baik grocery shopping, jalan-jalan ke mall atau lain-lain dilakukan dalam sehari," celotehnya. Apa yang dilakukan dia dan keluarganya itu bertujuan untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan alat transportasi.

"Aku sudah terbiasa membawa tas sendiri untuk berbelanja. Aku membawa tas besar kemanapun aku pergi. Apalagi jika aku pergi ke pantai, aku pasti membawa tas besar supaya tidak membuang sampah di pantai," kata Laura yang sudah mencicipi modeling di Belanda, Rusia, Selandia Baru, Perancis, Italia, Jepang, dan negara lain di Asia itu.

Seiring dengan informasi yang meluas terhadap dampak penggunaan plastik, tak sedikit masyarakat yang mulai mengurangi pemakaiannya. Termasuk model Laura Muljadi. 


Tentu saja dengan segala kelebihannya plastik memiliki kerugian yang signifikan. Ia tidak dapat didaur ulang oleh tanah sehingga banyak orang membakar sampah plastik untuk mengurangi dampaknya. Secara tidak sadar, racun kimia hasil dari pembakaran dapat menyebabkan penyakit saluran pernafasan.

Gaya hidup yang serba praktis dan instan membuat orang kini cenderung menggunakan plastik sebagai solusi kemasan sehari-hari. Selain praktis, plastik juga mempunyai ketahanan terhadap air dan panas sehingga mudah dibawa kemana saja.

Diet Kantung Plastik, Tas Belanja Ini Jadi Incaran Pembeli di Instagram | goodie bag



Semenjak pemberlakuan bayaran terhadap kantung plastik, bermunculan para penjual yang mencoba menawaran tas seperti ini. Di Instagram, sejumlah online shop juga mulai banyak menyediakan produk serupa. Umumnya item tersebut diunggah dengan tanda pagar #tasbelanja. Tas itu ditawarkan dengan berbagai harga, mulai dari Rp 250 ribuan hingga Rp 400 ribuan.

Sepertinya, item tersebut sudah langsung laris diburu para ibu rumah tangga. Berdasarkan pantauan Wolipop, beberapa penjual mengatakan jika item ini sudah sold out dan membuka sistem pre order (PO).

Produk yang bisa dikenakan berulang kali tersebut terdiri dalam empat tas berbeda warna. Keempatnya direkatkan dengan velcro sehingga praktis dibawa. Ketika sudah selesai membayar barang belanjaan, yang perlu Anda lakukan adalah melebarkan tas-tas itu dalam trolley. Ketika terbuka, Anda tinggal memasukan produk-produk sesuai dengan kategorinya. Setelah selesai, Anda bisa melepaskan perekat tas untuk dibawa seperti biasa.

Trolley Bags ini didesain oleh kreator asal Irlandia bernama Paul Doyle.  Terinspirasi kebijakan pajak pada kantung plastik yang pertama kali berlaku di negara Paul mulai 2002, wajar saja jika ia mengerti tantangan yang dihadapi para pembelanja di keseharian. Produk tersebut pun awalnya diikutkan dalam sebuah program yang memperkenalkan para pencipta barang-barang inovatif pada tahun 2010. Semenjak itu, Trolley Bags laris dicari para pembelanja dan dipasarkan ke luar negera.

Jika Anda menginginkan kantung yang lebih praktis, Trolley Bags pun bisa dijadikan solusinya. Produk tersebut sudah cukup dikenal sebagai pengganti kantung plastik kala membeli barang-barang di pasar swalayan. Item itu terdiri dari beberapa tote bag yang direkatkan dan bisa dilebarkan dalam trolley sehingga disebut trolley bags.

Untuk Anda ingin ikut andil dalam menjaga lingkungan, sediakan saja sendiri beberapa tas dari rumah. Sejak beberapa waktu lalu, sejumlah pasar swalayan juga banyak menawarkan tote bag ramah lingkungan untuk menampung belanjaan. Kantung tersebut umumnya dihadirkan dengan berbagai corak dan logo swalayan.

Mulai Minggu, (21/2/2016) kemarin sejumlah supermarket sudah memberlakukan bayaran Rp 200 untuk satu kantung plastik. Langkah tersebut dilakukan demi mengurangi sampah plastik yang dinilai mencemari lingkungan. Meski tidak terlalu memberatkan, sejumlah orang terutama ibu rumah tangga tengah mencari alternatif pengganti wadah belanjaan agar hemat dan sebagai dukungan dalam pelestarian alam.

Tas Belanja Pengganti Kantung Plastik, Branded! | goodie bag


Tambahan jika kamu adalah pribadi yang fashionable, tas belanja haruslah stylish. Jika kamu termasuk ke dalam tipe perempuan bergaya kasual, tas kanvas bisa menjadi alternatif. Namun kalau kamu adalah tipe perempuan yang hobi berdandan dan always look polished, tote bag berbahan kulit juga bisa menjadi pilihan. 

Pastikan tas yang kamu bawa cukup luas untuk meletakkan barang belanjaan. Kalau perlu, bisa juga menjadi tempat untuk membawa dompet, smartphone, dan pouch makeup sekaligus. Berikut kami pilihkan beberapa tote bag yang stylish dan bisa membantumu jadi sahabat lingkungan.

Saat belanja di supermarket atau department store, tentu kita sudah awam ketika kasir menanyakan apakah kita ingin memakai kantong plastik atau tidak. Ya, peraturan kantong plastik berbayar memang sudah diberlakukan di hampir seluruh pusat perbelanjaan. 

Sebagai pribadi yang peduli lingkungan dan ingin selalu berhemat, pilihan tepat saat berbelanja adalah tidak lagi menggunakan kantong plastik dan membawa tas belanja sendiri.

Tas reusable yang ramah lingkungan sudah banyak tersedia dimana-mana. Tapi supaya lebih gaya, berikut pilihan tas belanja peduli lingkungan yang stylish.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar