Senin, 10 Juli 2017

Super Indo Ajak Pelanggan Aktif Gunakan Re-Usable Bag

Keberhasilan Super Indo melaksanakan program Re-usable Bag | spunbond murah jakarta


spunbond murah jakarta


Dengan mengurangi penggunaan kantong plastik, maka kita dapat berkontribusi dalam upaya penyelamatan lingkungan. Selain partisipasi aktif Pelanggan, kontribusi dari setiap kita sangat menentukan keberhasilannya. Agar partisipasi bisa terwujud, maka dibutuhkan kerjasama dari seluruh karyawan Super Indo diseluruh gerai, tidak hanya untuk mengajak pelanggan kita, namun juga menjadi program ambassador. 

Caranya selain memberikan penjelasan yang akurat mengenai mekanisme program , semua associates diharapkan untuk mulai meninggalkan kantong plastic, dan beralih pada penggunaan kantong belanja pakai ulang atau reusable bag secara konsisten.

Hal ini juga sejalan dengan komitmen Super Indo untuk berpartisipasi aktif dalam setiap upaya penyelamatan lingkungan. Dengan program ini, pelanggan diajak untuk bersama-sama mengurangi sampah plastic yang berbahaya bagi lingkungan dengan membawa kantong belanja sendiri. Pelangan Super Indojuga bisa menggunakan kardus yang tersedia di semua gerai sebagai pengganti kantong belanja plastik.

Dengan program tersebut ini, Super Indo akan memberikan reward berupa cash back bagi seluruh pelanggan yang membawa sendiri kantong belanja atau memutuskan untuk tidak menggunakan kantong belanja plastik.

 Cash back yang diberikan bisa menjadi hak pelanggan sebagai potongan nilai total belanja atau bisa didonasikan melalui Yayasan Pusat Pengembangan Riset Sampah Indonesia (PERISAI) yang menjadi partner Super Indo dalam menjalankan program tersebut.

 PERISAN bernaung di bawah Indonesian Solid Waste Association (InSWA) yang telah berpengalaman dalam pengelolaan sampah dan kelestarian lingkungan di Indonesia.

Keberhasilan Super Indo melaksanakan program Re-usable Bag mendorong perusahaan untuk menjalankan program serupa di tahun 2014. Tepat di awal Maret 2014, Super Indo meluncurkan kembali Program “Gunakan Re-usable Bag, Dapatkan Cash Back” di seluruh gerai Super Indo. 


KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA SUPER INDO UNTUK INISIATIF DALAM WASTE MANAGEMENT | spunbond murah jakarta




Sebagai informasi, Supermarket Super Indo memiliki ambisi keberlanjutan 2020, dimana salah satu targetnya adalah Bebas Sampah. Sejak 2006, Super Indo telah mengkampanyekan pengurangan kantong plastik di semua gerainya dan mulai menyediakan kardus sebagai wadah belanja secara gratis. Program insentif bagi pelanggan yang tidak menggunakan kantong plastik sejak 2013 berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik sebanyak lebih dari 11 juta lembar.

 Dengan berbagai inisiatif pengelolaan sampah seperti program komposting, food donation, pemanfaatan jelantah dan kardus, Super Indo berhasil mengurangi sampah ke TPA sebesar 51,99% dari total sampah yang dihasilkan. Berbagai inisiatif dan pencapaian inilah yang mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan secara langsung penghargaan kepada Super Indo.

Selain penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan inisiatif hijau yang baik, kegiatan yang berlangsung di Celebes Convention Center Makassar tersebut juga diwarnai dengan penandatanganan komitmen kesatupahaman untuk kebijakan kantong plastik berbayar. Komitmen ditantangani oleh APRINDO yang mewakili peritel modern, pimpinan dari berbagai Kota/Kabupaten, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan disaksikan oleh Wakil Presiden, Bapak Jusuf Kalla.

Menanggapi penghargaan yang diterima, Yuvlinda Susanta mengatakan “Super Indo berambisi untuk mencapai kondisi bebas sampah pada tahun 2020. Untuk itu, secara konsisten Super Indo menjalankan berbagai inisiatif hijau seperti kampanye penggunaan reusable bag, pemberian insentif kepada pelanggan yang tidak mengunakan kantong plastik melalui program “Use Reusable Bag, Get Cash Back”, program composting, food donation, dan program-program lainnya. Penghargaan ini tentu akan semakin memotivasi Super Indo yang telah berada di jalur yang tepat dalam upaya pengurangan sampah”.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada Super Indo untuk inisiatif pengelolaan limbah dalam kegiatan operasionalnya. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Turut menerima penghargaan tersebut bersama-sama Super Indo adalah Tetrapak, The Body Shop Indonesia serta Aqua – Danone. Yuvlinda Susanta, Department Head Corporate Communication & Sustainability Super Indo, mewakili Super Indo dalam menerima penghargaan tersebut.


MAKIN CANTIK TANPA KANTONG PLASTIK | spunbond murah jakarta




Salah satu yang juga bisa digunakan sebagai tas belanja ramah lingkungan sebagai pengganti tas plastik adalah tas canvas bag. Bahannya lebih tebal dan mudah dicuci sehingga banyak dimanfaatkan untuk kantong belanja karena cukup mampu menampung barang belanjaan. Tas model seperti ini cukup banyak tersedia di pasaran dari mulai supermarket dan pasar tradisional dengan harga yang relatif murah berkisar Rp 100.000,-.

Kampanye Go Green pun sebenarnya sudah sangat sering di suarakan dan banyak juga yang sudah menerapkannya dan menjadi tren di tengah masyarakat. Tas ramah lingkungan seperti ini pun sebenarnya lebih memiliki model, bentuk dan warna yang lebih menarik kemudian satu lagi yang kelebihannya adalah akan mampu membantu program peduli lingkungan diet kantong plastik.

Kebijakan ini mengajarkan agar masyarakat bisa belajar untuk peduli terhadap lingkungan. Berbelanja ke supermarket atau pasar tradisional dengan membawa tas dari rumah sendiri tanpa menggunakan tas plastik. Kita tahu jika sampah plastik sudah semakin banyak dan menggunung  sehingga proses daur ulangnya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kebijakan pemerintah per tanggal 21 Februari yang mengharuskan melakukan pembayaran plastik untuk setiap penggunaannya memang banyak menimbulkan pro dan juga kontra. Banyak yang menentang tapi ada juga yang mendukung atas kebijakan tersebut. Biaya yang harus dibayar adalah Rp.200,- untuk satu kantong plastik. Mungkin bagi sebagian orang jumlah yang harus dibayarkan tidak terlalu berpengaruh akan tetapi poinnya sebenarnya bukan pada sejumlah uang tersebut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar