Selasa, 04 Juli 2017

Industri Kreatif Ciptakan Tas Pengganti Kantong Plastik

Pemerintah kini telah membuat kebijakan tentang pemberlakuan kantong plastik berbayar | pabrik spunbond di indonesia


pabrik spunbond di indonesia


Yanti juga menambahkan bahwa, harapannya bisa membantu mengurangi keresahan konsumen dengan kantong plastik berbayar, di sisi lain ia juga bisa membantu pemerintah untuk mengurangi pemanasan global.

"Hingga saat ini sudah ada 300  tas yang mulai diproduksi, ada desain yang cantik dan menarik yang dibuat untuk konsumen perempuan, ada yg simple atau polos yang bisa digunakan untuk kaum laki-laki". 

"Reusable bag ini menjadi solusi bagi konsumen, karena bisa berhemat dan tidak perlu resah saat berbelanja. harga yang saya patok juga relatif murah mulai dari 10 ribu hingga 75 ribu," kata  Yanti pendiri Pelanusa kepada Malangtimes saat ditemui di rumah produksinya, Minggu (21/02/2016) siang.

Modelnya pun bervariasi, tergantung ukuran dan jenisnya. itu sudah bisa digunakan berulang-ulang. sidah praktis digunakan dan dibawa terus saat berbelanja.

Sebagai pengganti kantong plastik,  reusable bag ini didesain khusus dengan dua pilihan, bermotif atau polos, tas juga didesain untuk penggunaan agar kuat dan muat.

Kuat artinya tidak mudah rusak bila digunakan jangka panjang, muat artinya cukup untuk diisi barang-barang.

Namun kini kekhawatiran konsumen bisa disiasati. Sebab, salah satu UMKM industri kreatif kain perca yang berada di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, yaitu Pelanusa ( pelangi nusantara) membantu memberikan solusi. Pelanusa membuat tas hasil daur ulang sebagai pengganti kantong plastik.

Produk pelanusa sebagai pengganti kantong plastik diberi nama "reusable bag". Atau tas yang bisa digunakan berulang-ulang sebagai pengganti kantong plastik.

Pemerintah kini telah membuat kebijakan tentang pemberlakuan kantong plastik berbayar. Tentu banyak pro dan kontra terkait hal tersebut. 

Bagi konsumen tentu pemberlakuan itu akan membuat resah, pasalnya akan menambah anggaran pengeluaran belanja bagi mereka, dan kenyamanan berbelanja menjadi berkurang karena bonus kantong plastik sudah tidak ada lagi.

Tas Tote Sebagai Pengganti Kantong Plastik | pabrik spunbond di indonesia



Tas tote yang dijual di KadoUnik menggunakan beberapa jenis bahan mulai dari bahan kain sampai bahan plastik yang cukup kuat untuk membawa barang belanjaan kalian. Selain itu, tas tote yang kami jual juga biasanya punya gambar karakter terkenal mulai dari Sailor Moon, Neko Atsune, Doraemon dan lainnya.


Tentu saja bukan berarti kita harus panik karena banyak tas pengganti kantong plastik yang biasanya bisa digunakan berulang kali seperti tas tote (tote bag) yang dijual oleh KadoUnik.

Pemerintah Indonesia resmi memberlakukan kantong plastik berbayar tahun 2016 ini yang artinya bagi siapapun yang sering belanja harus membayar uang apabila ingin menggunakan kantong plastik yang biasa d kasih gratis oleh pasar swalayan, supermarket atau mini market. 

Walaupun menurut kami jumlah yang harus dibayarkan terlalu kecil tetapi mungkin ini bisa jadi sebuah permulaan untuk memulai gerakan ramah lingkungan karena kita tahu bahwa kantong plastik yang dibuang itu butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa hancur.

50 Ribu Tas Belanja Pengganti Kantong Plastik di Bagikan PKS | pabrik spunbond di indonesia



“Program ini sebagai langkah nyata PKS untuk bersinergi dengan Pemkot Bogor yang sedang menggelar kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya usai menghadiri Rakorda mengatakan, peluncuran tas belanja ini menunjukkan komitmen PKS yang mendukung program Pemkot. Permasalah sampah masih menjadi PR utama di Kota Bogor. Ketika partai bergerak akan ada energi yang luar biasa.

“Semua kader PKS termasuk masyarakat Kota Bogor akan diminta untuk mengganti kantong plastik dengan tas belanja yang lebih ramah lingkungan ini,” tutur Muaz jelang Rakorda (Rapat Koordinasi Daeerah) di Gedung Kemuning Gading, Komplek Pemerintah Kota Bogor, seperti dikutip Hallobogor.com, Minggu (21/02/2016).

Muaz menjelaskan, 10 tahun terakhir sekitar 9,8 miliar lembar kantong plastik digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut hampir 95 persen kantong plastik menjadi sampah, sementara sampah kantong plastik sulit diurai oleh lingkungan.

Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 2016 yang jatuh pada 21 Februari, DPD PKS Kota Bogor meluncurkan gerakan “Green is Me”. Green is Me sebuah gerakan mengurangi penggunaan kantong plastik dengan DPD PKS Kota Bogor akan membagikan 50 ribu tas belanja PKS yang ramah lingkungan.

Ketua Bidang Polhukam dan Lingkungan Hidup DPD PKS Kota Bogor, Muaz HD mengatakan, tas belanja ini lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan terus menerus untuk keperluan rumah tangga. Sehingga dapat mengurangi penggunaan sampah plastik di Kota Bogor.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar