Kamis, 10 Agustus 2017

Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Udah Mulai Nih, Sekarang Kantong Plastik Gak Gratis Loh!

Pemerintah menerapkan aturan kantong plastik berbayar untuk wadah belanjaan | goodie bag eksklusif


goodie bag eksklusif



Praktis, kebijakan kantong plastik berbayar ini bakal memengaruhi pola belanja. Konsumen dipaksa berpikir lagi apakah ikhlas menyisihkan duit untuk beli kantong plastik? Sudah enggak zaman lagi kantong plastik jadi fasilitas cuma-cuma saat berhadapan di kasir.

Apa tuh? Bikin kantong belanjaan dari bahan nonplastik. Entah itu kain, karung goni, atau limbah kain bekas. Dengan kantong belanjaan model beginian, kan bisa dipakai berulang kali. Beda sama kantong plastik yang cuma sekali pakai?

Terlepas debat pro dan kontra sama kebijakan ini, ada baik lihat sisi lain saja. Pernahkah terpikir kalau kebijakan ini membuka peluang untuk eksra income?

Alhasil, sudah bawa barang belanjaannya berat, eh makin nyesek lagi gara-gara kasir memasukkan semua belanjaan ke kantong plastik yang terpisah-pisah. Siap-siap saja kena biaya tambahan. Padahal di tiap barang belanjaan itu sudah kena pajak pula! Haduh.

Berapa? Ya suka-sukanya peritel lah. Sekarang saja harga kantong plastik yang dijual di supermarket tertentu bisa Rp 2.000-5.000 per kantong lho! Kalau butuh 10 kantong plastik, dah keluar duit Rp 50 ribu doang buat wadah barang belanjaan!

Terus masih anggap enteng nilai segitu? Eits, tunggu dulu. Awalnya sih memang enggak memberatkan yak. Cuma itu berlaku sementara aja. Selepas bulan Juni besok lewat, peritel alias pengelola minimarket atau supermarket bebas menentukan sendiri harga kantong plastiknya.

Sekilas kecil yak. Tapi coba hitung deh berapa kali dalam sebulan bolak-balik belanja di minimarket? Entah sekadar untuk beli snack, sabun colek, atau permen. Makin sering frekuensi belanja makin besar juga dong dana buat beli kantong plastik.

Jadi jangan kaget yak kalau pas belanja tiba-tiba ada item tambahan untuk pembelian kantong plastik. Apalagi kalau pas belanja bulanan di mana jumlah barangnya meluber di troli. Ketika butuh 10 kantong plastik berarti anggran belanja membengkak Rp 2.000.

Harga yang ditetapkan murah sih, yakni hanya Rp.200 per kantong. Sepertinya itu harga seragam buat seluruh ukuran kantong plastik.

Nah, kebijakan plastik berbayar ini masuk kategori upaya menanggulangi dengan cara mengurangi sampah plastik. Nantinya, aturan ini bakal dipertegas lagi dalam peraturan Kementerian Lingkugan Hidup.

Dari sinilah keluar kebijakan itu. Payungnya di Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Di situ tertera ada kewenangan pemerintah daerah untuk penanggulangan sampah dengan cara mengurangi dan menangani.

Percaya kan? Silakan bayangkan saja kalau belanja di minimarket atau supermarket. Mau beli barang apapun bahkan yang terkecil sekalipun pasti diwadahi kantong plastik. Di mata pemerintah, ini biang kerok sampah plastik yang terus menggunung.

Kalau yang ikutin berita pasti tahu kan aturan baru ini? Yup, betoool! Tujuannya biar menekan tumpukan sampah plastik yang selama ini paling dikenal sebagai sampah yang sulit didaur ulang. Kalau pun bisa, terurainya butuh lama banget sampai ratusan tahun.

Per 21 Februari lalu jadi tanggal bersejarah bagi dunia perbelanjaan di negeri tercinta ini. Karena, sejak tanggal itu, tak ada lagi yang namanya kantong plastik kresek gratis. Karena, pemerintah menerapkan aturan kantong plastik berbayar untuk wadah belanjaan.

Kantong Belanja Unik Yang Ramah Lingkungan | goodie bag eksklusif



Kalau memang tidak mau ngeluarkan uang untuk membeli tas lucu- lucu tadi, kamu juga bisa menggunakan tas kain lainnya. Biasanya pas kondangan goodie bagnya kan kadang tas, atau kalau ada undangan biasanya dibagikan tas kain. Nah tas itu bisa digunakan juga.

Kesadaran atas pentingnya menjaga lingkungan hidup bisa dimulai dari diri kita sendiri salah satunya dengan tidak menggunakan kantong plastik, sekarang sudah ada KANTONG BELANJA UNIK YANG RAMAH LINGKUNGAN yang bikin belanja makin CHIC dan Modis.

Nah yang ini salah satu tas belanja favorite saya. Saya malah baru membelinya belum lama ini sejak plastik harus bayar. Modelnya ringkes, dan memudahkan kita saat berbelanja karena bisa di masukkan ke dalam trolley belanja. Ada tiga sampai empat bagian yang bisa memisahkan produk yang kita beli. 

Misalnya kebutuhan skincare dan susu, kan ngak bisa di campur. Warnanya berbeda sehingga kita bisa menggunakan colour coding, misalnya untuk kebutuhan sayuran saya memasukkannya ke dalam kantong berwarna hijau, sementara untuk kebutuhan kebutuhan rumah tanggal lain seperti kecap, saos atau mie instant saya masukkan ke dalam kantong berwarna merah. Saat membawa pulang tinggal masukkan ke dalam bagasi mobil deh. 


Model tas ini adalah tas yang saya pakai kalau belanja baju atau tas di ITC.  Ada resleting yang bisa menambah ukuran tas menjadi lebih lebar.  Kalau capai bisa di dorong karena ada roda kecil di bawahnya.  Tapi kadang resletingnya mudah rusak. Saya sudah beberapa kali beli,  tapi rusak terus.  Entah karena saya yang terlalu heboh saat meresleting atau memang kualitas resletingnya yang buruk. 

Ini model tas paling sering ada di dalam tas.  Tinggal di lipat hingga berukuran kecil, masukkan deh ke dalam tas.  Praktis.  Model tas ini biasa saya bawa kalau mau belanja kebutuhan rumah yang tidak terlalu berat.  Harganya murah hanya sekitar Rp.  30.000.

Nah,  kalau kamu menjinjing kantong belanja model apa?  Saya sih tipe orang yang ngak mau bawa kantong belanja dari kain.  Karena bikin  bawaan udh berat tambah berat lagi. Trus kalau kena hujan kan basah,  belanjaan juga basah dong.  Pilihannya adalah kantong belanjaan dari bahan anti air atau karung.  Ini dia kantong belanja lucu yang masuk dalam wishlish saya

Di postingan selanjutnya saya akan sharing tentang pelangalaman belanja di jerman dan aturan buang sampah yang ramah lingkungan di eropa.  Karena budaya tanpa kantong plastik sudah lama saya terapkan, kadang saya malah di kira orang aneh karena memilih menggunakan tas belanja karung atau kain dari pada plastik.  

Menurut saya sih,  orang indonesia ngak bisa di kasih peraturan yang frontal.  Harus sedikit di sentil, kalau saat ini bayar,  saya yakin lama kelamaan plastik akan ngak akan digunakan lagi. Tapi memang dari pada menimbulkan pro dan kontra, pemerintah harusnya lebih trasnparant soal mengapa ada aturan ini, sehingga masyarakat akan dengan senang hati membayar atau membawa kantong belanja sendiri. 


KANTONG BELANJA UNIK YANG RAMAH LINGKUNGAN  Ritual belanja bulanan sekarang bertambah,  selain membawa dompet saya harus menjinjing kantong belanja.  Saya jujur saja senang dengan peraturan pemerintah ini,  karena kesadaran pentingnya menjaga lingkungan hidup memang harus dimulai.  Walaupun ada yg sebel karena harus bayar,  atau kepikiran banget mau dikemanain tuh duitnya.  


Kelebihan Dan Cara Merawat Tas Spunbond | goodie bag eksklusif



Supaya lebih praktis, anda bisa membelinya di toko online semestalima,com. Disini menyediakan berbagai macam jenis tas untuk souvenir atau goodybag. Termasuk tas spunbond. Disini anda bisa memiliki pilihan warna yang banyak sekali, terbuat dari bahan yang berkualitas dan tentunya harga terjangkau. Anda hanya cukup memesan melalui website kami dan memesan produk yang anda inginkan. Sangat mudah dan pelayanan yang cepat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Ketika mencuci, cucilah dengan air hangat. Ini akan menjaga kualitas kain tetap halus dan tidak cepat rusak. Bisa digunakan detergen ketika mencucinya. Ketika menyikat tas, jangan terlalu kasar karena bisa membuat serat kain cepat rusak. 

Cukup sikat secara perlahan saja. cuci juga bagian dalam tas, jangan hanya bagian luar saja. ketika menjemur, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena bisa membuat kain cepat rusak. Cukup diangin-anginkan saja atau jemur ditempat yang teduh. Bahan kain ini cepat sekali kering walaupun hanya diangin-anginkan saja.

Jika sudah kering langsung lipat dan simpan ditempat yang kering. Jangan simpan ditempat yang lembab karena akan membuat tas ini cepat berjamur. Cara perawatan tas ini sangat mudah. jika anda mendapatkannya dari souvenir, jangan langsung dibuang tapi disimpan saja. jika anda ingin membeli tas kain sunbond untuk souvenir. Saat ini ada banyak sekali toko yang menjualnya. Entah itu toko online atau offline.

Tas kain spunbond biasanya digunakan untuk tas souvenir, shooping bag dan goody bag. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau tas ini bisa dicuci ulang. Sehingga bisa digunakan berkali-kali. Supaya bisa lebih tahan lama, anda harus bisa merawatnya dengan baik. Sehingga bisa anda gunakan ketika belanja ke pasar. Anda jadi bisa mengurangi penggunaan plastik yang bisa berbahaya bagi lingkungan. Cara merawat tas bahan spunbond ini sangat mudah.

Tas kain spunbond tidak mengandung bahan kimia sama sekali, sehingga aman digunakan.

Memiliki pilihan warna yang banyak sekali. Jadi bisa digunakan untuk tas souvenir.

Bahan spunbond lebih ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.

Tas bahan spunbond lebih tanah lama dibandingkan bahan kertas atau plastik

Tas bahan kain spunbond bisa dicuci berulang-ulang kali.

Tas ini terkenal dengan tas ramah lingkungan, karena bahannya yang bisa di daur ulang dan tidak berbahaya untuk lingkungan. Bahkan bahannya anti virus, antibakteri dan tidak akan membuat polusi.

Daripada memakai bahan plastik, bahan spunbond ini lebih bagus. ditambah dengan karakteristik yang unik, berbagai pilihan warna dan bagus. anda bisa menggunakannya untuk tas souvenir, goody bag atau shopping bag.

Untuk tempat souvenir hajatan, memang lebih praktis menggunakan tas tangan. Apalagi saat ini jenis tas tangan sangat banyak sekali. 

Salah satunya tas spunbond. Mungkin sebagian dari anda, masih asing dengan nama tas kain spunbond ini. Tas ini terbuat dari bahan kain yang memiliki struktur seperti jaring dan datar. Proses pembuatannya bukan dengan ditenun tetapi dibentuk dari serat panjang yang disusun. Proses pembuatannya dengan mesin dan ada proses kimiawinya.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar