Rabu, 06 Desember 2017

Kantong Plastik Berbayar Dimulai per 1 Maret di Beberapa Ritel di Kota Bandung

Kantong plastik berbayar | spunbond bag jakarta


spunbond bag jakarta



Sedangkan, untuk Griya dan Yogya, dari informasi yang didapatkan Tribun, akan memberlakukannya per 1 Maret 2016.

Kemudian, untuk Indomaret masih belum diketahui kepastiannya.

Namun mulai pemberlakuannya berbeda. Untuk Alfamart mulai Senin (22/2/2016).

Semua ritel mengaku siap untuk memberlakukan kantong plastik berbayar.

Berdasar pantauan Tribun, terhadap beberapa toko ritel atau swalayan di Kota Bandung, Minggu (21/2/2016), seperti Alfamart, Indomaret, Griya, dan Yogya.

Kesiapan di beberapa ritel di Kota Bandung beragam.

Pendeklarasian kantong plastik berbayar sudah diresmikan oleh Kementerian LHK, Siti Nurbaya Bakar, Minggu (21/2/2016) pagi.

Sejumlah toko ritel atau swalayan menyatakan kesiapannya untuk nemberlakukan kantong plastik berbayar.


Apa Kabar Uji Coba Kantong Plastik Rp 200? | spunbond bag jakarta



“Jadi uji coba itu salah satu yang kami dorong dan kami nilai cukup berhasil, karena dari satu sampai tiga bulan percobaan itu rata rata sekitar 55 persen kantong plastik berhasil dikurangi”, kata Rahyang yang juga anggota Aliansi Zero Waste Indonesia, kepada kumparan (kumparan.com), Rabu (8/11).

Kabar baik lebih membanggakan terkait penurunan penggunaan kantong plastik juga diungkapkan oleh Rahyang Nusantara, Ketua Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik.

Selain diklaim mengurangi penggunaan kantong plastik sebesaar 25-30 persen, uji coba kantong plastik berbayar itu juga diklaim mendapat respons positif masyarakat. Sebanyak 87,2 persen masyarakat mendukung kebijakan ini dan 91,6 persen masyarakat bersedia membawa kantong belanja sendiri.

Temuan di lapangan menunjukkan jumlah penurunan penggunaan kantong plastik rata-rata sebesar 25% selama periode Januari – Maret 2016. Sebagai contoh, secara lebih spesifik KLHK menemukan pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai yang cukup signifikan. Di antaranya, seperti di Transmart Bandung (48,96%), Carrefour Jakarta utara (61,40%), Giant Palembang (60,46%), Giant Pekanbaru (40%), Carrefour Tangerang Selatan (82,90%). 

Monitoring evaluasi (Monev) plastik berbayar dilakukan pada 23 Maret – 3 April 2016. Monev pertama ditujukan untuk memotret kondisi awal di pelaksanaan lapangan setelah satu bulan. Setidaknya, ada 5 kota administratif di provinsi DKI Jakarta dan 22 Kota (27 kota). Selain itu, terdapat 160 ritel dan 535 orang konsumen yang mengisi kuesioner evaluasi.

Uji coba dilakukan di 23 kota yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Kendari, Ambon, Jayapura, Tangerang Selatan. Inti surat edaran itu adalah "Harga jual kantong plastik selama uji coba penerapan kantong plastik berbayar sebesar minimal Rp 200 per kantong sudah termasuk PPN."

Uji coba itu tertuang dalam Surat Edaran KLHK Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Nomor S.1230/PLSB3-PS/2016 terkait Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar.

Sementara total sampah pada tahun 2019 di Indonesia diprediksi akan mencapai 68.000.000 ton dan sampah plastik diperkirakan akan mencapai 9.520.000 ton atau sekitar 14% dari total sampah yang ada. Indonesia bahkan berada diperingkat dua dunia setelah Cina sebagai negara penghasil sampah plastik ke laut mencapai sebesar 187.200.000 ton (Jambeck et al.2015).

Uji coba itu berdasarkankan kajian gentingnya permasalahan sampah kantong plastik di Indonesia. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa plastik dari 100 toko Aprindo (Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia) saja dalam waktu satu tahun dapat mencapai 10.950.000 lembar sampah kantong plastik. 

Sampah Gelas Plastik Sisa Pesta Tahun Baru Disulap Jadi Bunga Cantik | spunbond bag jakarta



Terakhir, lapisi seluruh bagian kawat dengan kertas kraft. Linting dari bagian bawah batang ke atas hingga kertas kraft benar-benar menempel pada batang kawat. Bunga pun selesai, Anda dapat menempatkanya di pot tinggi sehingga terlihat seperti bunga asli.

 Lapisi ujung-ujung jarum pentul yang menembus baian bawah kelopak dengan sellotape sampai merekat jadi satu. Kemudian satukan dengan batang kawat yang telah disiapkan dan lapisi kembali dengan sellotape hingga merekat kuat.

Lakukan cara yang sama pada sisa potongan kelopak lainnya sesuai arah jarum jam, hingga membentuk serumpun kelopak bunga. Kemudian tusuk bagian tengahnya dengan 5-4 jarum pentul.

Ambil satu potongan kelopak dan tempelkan potongan doubletape memanjang di bagian tengahnya. Kelupas lapisan penutup doubletape kemudian tempelkan potongan kelopak lainnya dengan posisi saling memotong di bagian tengah.

Bila hasil potongan tersebut masih sangat melengkung, gulung dengan pensil/pena ke arah yang berlawanan sambil sedikit ditekan hingga lengkungannya agar terbuka.

Gunting permukaan gelas plastik sesuai bentuk gambar pola yang telah ditempelkan. Potongan gelas plastik ini nantinya akan digunakan sebagai kelopak.

Pertama-tama kita buat dulu gambar pola oval yang runcing di atas kertas. Kemudian gunting gambar pola tersebut dan tempelkan di badan gelas plastik dengan bantuan selotip.

Sampah plastik tersebut kemudian dapat diubah menjadi penghias rumah, seperti mengubahnya menjadi karangan bunga. Bahan dasarnya cukup dengan menyediakan gelas plastik bekas berwarna. Simak langkah pengerjaan berikut ini untuk mengubah barang bekas menjadi karangan bunga yang cantik.

Misalnya sampah plastik seperti gelas plastik. Limbah pastik termasuk sampah yang sulit terurai. Tetapi tentu tidak dapat digunakan lagi untuk keperluan minum karena sudah tidak bersih lagi. Nah, Anda dapat mendaur ulangnya untuk hal lain, seperti membentuk kreasi atau keterampilan untuk emmperindah interior rumah Anda.

Pesta Tahun Baru telah usai,  tentu akan banyak sampah sisa pesta yang menumpuk. Mulai dari sisa makanan, minuman, hingga sisa peralatan pesta lainnya. Namun kita dapat menyiasati sisa sampah tersebut untuk didaur ulang. Tentu kita harus perhatikan terlebihbdahulu barang apa yang dapat didaur ulang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar