Kamis, 16 November 2017

Jatuh Bangun Menyulap Kertas Semen Jadi Tas Cantik

Membuat tas menggunakan bahan kertas semen | goody bag bahan spunbond


https://www.goodybag.id/



Dari kesalahan tersebut, Niniek pun menjemur kulit sapi selama satu hari agar dapat mengeluarkan kandungan minyak dari kulit tersebut.

"Jadi kita harus mengeringkan terlebih dahulu sebelum kulit tersebut dikombinasikan dengan menggunakan kertas semen dan akhirnya kita sudah berhasil," tutupnya.

"Begitu didiamkan malah keluar minyak dan flek di bagian dalam tas. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan uji lab. Hasilnya, kulit sapi sebelum dipakai harus di jemur terlebih dahulu," terangnya.

Kemudian Niniek pun mencari tahu penyebab kenapa bahan tersebut bisa mengeluarkan minyak. Bahkan, sambungnya, lantas tas tersebut didiamkan selama sehari.

"Ketika saya pakai sendiri selama kurang lebih setengah tahun. Tas tersebut mengeluarkan minyak di luar dan bagian dalam," kata Niniek saat ditemui merahputih.com di Pameran Trade Expo Indonesia, Jiexpo, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10).

Membuat tas menggunakan bahan kertas semen tak semudah yang dibayangkan. Niniek mengaku sempat beberapa kali mengalami kegagalan dalam mengkombinasikan antara bahan kertas semen dengan kulit sapi.

Tas Kertas Semen Startic Tembus Pasar Luar Negeri | goody bag bahan spunbond



Dalam menghadapi persaingan, Niniek tetap optimistis produknya mampu bersaing di pasar. Strateginya yakni terus meningkatkan kualitas pada produk.

"Kita percaya diri kalau tas kita ciri khas kita unik, masih baru dan kita selalu update. Intinya, kita terus meningkatkan kualitas," tandasnya. 

"Kami selama ini, memperkenalkan produk melalui online yaitu www.startic.co. Selebihnya, melalui mulut ke mulut," kata Niniek saat ditemui merahputih.com di Pameran Trade Expo Indonesia, Jiexpo, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10).

Niniek mengaku, pesanan saat ini sudah keluar negeri yakni Australia dan Belanda. Sedangkan di dalam negeri, hampir seluruh daerah di Indonesia. "Penjualan kita sudah sampai luar negeri. Kalau di dalam negeri hampir seluruh Indonesia," jelasnya.

Pemasaran produk fesyen berbahan baku kertas semen ini ternyata sudah tembus pasar luar negeri yakni Belanda dan Australia. Produk ini bermerk Startic.

Manager Startic Niniek menjelaskan, promosi yang dilakukan melalui mulut ke mulut, sedangkan untuk memperluas daerah pemasaran melalui online shop.

 
Jokowi Yakin Masa Depan Indonesia di Industri Kerajinan | goody bag bahan spunbond



Namun kreativitas tersebut menurut Presiden Joko Widodo masih harus ditambah keunggulan lainnya.

"Tapi kreativitas saja tidak cukup. Catatan saya, masih sering produk yang baik itu sulit diakses oleh pembeli, oleh 'buyer'. Bahkan masih ada pembeli yang tidak tahu bahwa produk kerajinan Indonesia, produk kreatif yang dicarinya itu, ada di Indonesia. Banyak yang belum tahu," ungkap Presiden.

Inacraft berlangsung pada 26-30 April 2017 dan mengikutsertakan 1.392 peserta dari Indonesia dan luar negeri. Pada tahun ini, Inacraft mengambil ikon Daerah Istimewa Yogyakarta dengan konsep Magnificent of Jogjakarta dan tema "From Smart Village to Global Market".

"Industri kerajinan, industri kreatif yang berkembang di Indonesia sangat bervariasi. Kita tahu semuanya mulai dari kerajinan tangan, film, ada musik, ada aplikasi digital, modelnya banyak yang sangat unik karena dikerjakan oleh tangan dan sudah berada pada standar yang sangat baik," tambah Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo membuka pameran kerajinan tangan Inacraft 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (26/4). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi, begitu biasa disapa, menyakini bahwa masa depan Indonesia ada dalam industri kerajinan tangan.

"Industri kerajinan, industri kreatif Indonesia telah tumbuh dengan sangat cepatnya, tumbuh dengan menakjubkan dan ini menggembirakan kita semua. Saya meyakini masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan, industri kreatif, ini yang saya yakini," kata Presiden Jokowi saat pembukaan Inacraft 2017.


goody bag bahan spunbond

Tidak ada komentar:

Posting Komentar