Selasa, 28 November 2017

FHB dan Pemkot mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik kresek

Pemkot Bandung Imbau Warga Kurangi Penggunaan Kantong Plastik | jual spunbond


jual spunbond



Untuk bentuk dan desainnya nanti, lanjut Dandan, itu akan diserahkan kepada perusahaan.”Pembuatannya, desainnya silahkan saja bebas, itu mekanisme pasar,” lanjutnya.  Imbauan agar tidak menggunakan kantong keresek ini, kata Dandan akan dilakukan lebih gencar lagi.

 “Setiap momen kita imbau agar penggunaan kantong plastik ini dihindarkan,” pungkasnya.

Namun, kata Dandan imbauan tersebut juga diiringi solusi agar warga tidak terus menggunakan kantong keresek.“Kita juga sedang membicarakan penggantinya dengan Forum Hijau Bandung, akan seperti apa nanti pengganti kantong plastiknya,” terang Dandan.

Saya imbau kepada warga supaya jangan menggunakankantong plastik. Tapi sejauh ini masih sosialisasi belum sampai Perwal,” ujar Dandan saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Selasa (4/5/2010).
Kepala BPLH Kota Bandung Dandan Riza Wadhana mengimbau kepada warga Bandung agar membawa kantong sendiri jika berbelanja ke pasar terutama ke supermarket.


Pengurangan limbah plastik untuk cintai bumi kita | jual spunbond


Tas belanja saat ini juga banyak sekali model nya sehingga tetap membuat anda terlihat modis di berbagai kesempatan. Saat ini juga banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan plastik sebagai bahan baku untuk kerajinan tangan.

Semoga penggunaan plastik ini diikuti oleh toko-toko lain yang belum menggunakannya.
Tapi,, plastik-plastik ini tetap saja membutuhkan untuk mengurai, sekitar 2 tahunan.
Ada baiknya, kita menggunakan tas belanja untuk bepergian.

Sebut saja carefour, indomart, gramedia, dan banyak toko yang dalam pelayanannya membutuhkan banyak sekali plastik mulai beralih ke plastik ramah lingkungan ini.

Plastik yang normalnya baru dapat terurai selama 500-1000 tahun, bisa dapat terurai hanya dengan 2 tahun saja.

Tahukah kita? Dengan memakai plastik secara terus-menerus dapat menyumbangkan sampah yang dapat bertahan sangat lama di tanah karena sifat dari plastik itu sendiri yang sulit terurai.

Saat ini,, mini market ataupun swalayan-swalayan berlomba-lomba menggunakan plastik ramah lingkungan.

Tidak dapat dipungkiri kegunaan plastik menjadi salah satu alat untuk membawa barang-barang hasil belanjaan kita yang sifatnya dapat menampung banyak sekaligus ringan merupakan pilihan dari banyak kalangan baik dari pemilik Super market hingga penjual sayur di pasar.

Plastik ini bisa kita dapatkan dimana-mana, mulai dari Mini market,, super mall,, hingga pasar tradisional atau emperan sekalipun.


Carrefour Menjual Tas Belanja Pengganti Kantong Plastik | jual spunbond



Ada cerita kemarin saya sedang di sebuah departement store di Jakarta. Sewaktu antri di kasir, depan saya itu ada 2 orang bule yang baru beli beberapa kaos kaki. Si kasir pun setelah melakukan pembayaran memasukkan kaos kaki ke kantong plastik kecil dimana setelah itu akan dimasukkan lagi ke kantong plastik yang lebih besar, yang ada pegangan untuk dibawa. 

Lalu tiba-tiba salah satu dari mereka bilang (dalam bahasa inggris),”tidak usah pakai kantong lagi, biar saya masukkan ke kantong yang lain.” Wah ini benar-benar contoh yang baik. Mungkin mereka memang sudah terbiasa dengan hal itu. Inilah yang harus ditularkan kepada teman-teman kita.

Dengan hal ini maka Carrefour pun dapat turut mengurangi penggunaan kantong plastik belanja dan diharapkan kantong ini pun dapat dipakai untuk belanja di tempat lain. Kadang malah karena alasan berat atau kemauan dari pelanggan kantong di dobel.

Ternyata saya mendapat info dari teman bahwa Carrefour di Bandung menjual tas belanja pengganti kantong plastik seperti pada gambar. Carrefour sebagai hypermarket besar dengan jumlah penjualan yang tinggi di Jakarta dan Bandung juga kontributor sampah kantong plastik belanja.

Katanya sih harganya Rp. 10.000,– dan kalau rusak bisa dibawa kembali ke Carrefour untuk minta diganti. Saya belum confirm hal ini tetapi kedengarannya ok banget.

Sudah sejak Mei 2007 saya menulis mengenai “Solusi Sampah Plastik Kita” dimana sampah plastik kita yang sangat banyak dan juga menyumbat saluran air, tanggul dan malah yang ekstrim merusak turbin PLTA di waduk adalah kantong plastik belanja atau kita sebut kantong kresek karena bunyinya srek kesrek kesrek.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar