Senin, 27 November 2017

Tetap Sayang Bumi Dengan Tas Belanja Ramah Lingkungan "Vertesac"

Pencemaran tanah dan lingkungan dari aktivitas penggunaan plastik | jual kain spunbond eceran

jual kain spunbond eceran


Melalui Vertesac, Atika pun meraih prestasi Best Project dan menjadi Duta Lingkungan Muda Bayer dalam ajang BYEE 2013 di Jakarta bersama dengan Syaiful Sadir dari Universitas Hassanudin. Keduanya pun akan kembali diikutsertakan pada BYEE tingkat internasional di Jerman pada 11 – 15 November mendatang.

Ide pengintegrasian teknologi RFID merupakan ide awal Atika pada 2011 lalu. Dalam penerapannya, Atika pun menggaet beberapa tim dari ITB. Bukan hanya itu, ia pun memberdayakan komunitas ibu-ibu perajin tas dari desa Cimareme, Kabupaten Bandung sebagai mitra produksi tas. Produk ini pun kini tengah didaftarkan ke UPT HAKI Unpad.

Vertesac mengintegrasikan sistem Radio Frequency Identification (RFID). Sistem ini dapat melacak aktivitas belanja seseorang yang langsung dikoneksikan ke mobile apps melalui QR code di dalamnya. Bukan hanya itu, sistem RFID tersebut juga digunakan sebagai kartu anggota/diskon.

Smart shopping bag ini adalah tas belanja ramah lingkungan yang mengintegrasikan teknologi dan bahan ramah lingkungan untuk digunakan dalam aktivitas belanja,” ujar Atika. 

Memikirkan bahaya pencemaran tanah dan lingkungan dari aktivitas penggunaan plastik dalam keseharian, membuat dara satu ini dapat ide merancang smart shopping bag, sebuah tas lipat yang memungkinkan penggunanya mengontrol aktivitas belanja.


Hypermart Ajak Masyarakat Beli Tas Belanja Ramah Lingkungan | jual kain spunbond eceran



Jika stamp sudah terkumpul sesuai yang ditentukan, konsumen bisa menukarkannya dengan produk rumah tangga persembahan Vivo. Di antaranya, panci sayur 16 Cm, wajan penggorengan 24 Cm, panci sup 20 Cm, wajan bertutup 30 Cm, wajan penggorengan 28 Cm, dan panci sup 24 Cm.

“Semakin banyak belanja, semakin banyak dapat stamp, semakin cepat miliki produk Vivo,” jelasnya.

Sementara itu, bukan hanya promo tas belanja, Hypermart juga telah menyiapkan program stamp untuk setiap customer yang berbelanja menggunakan kartu Hicard. Stamp dikumpulkan untuk mendapatkan koleksi produk Vivo. Periode pengumpulan stamp mulai tanggal 4 Februari hingga 29 Juni 2016 mendatang. Sementara periode penukaran stamp mulai tanggal 4 Februari hingga 13 Juli 2016. “Setiap belanja Rp50 ribu berlaku kelipatannya,” ujarnya.

Program ini berlangsung mulai periode 19 Februari hingga 19 Maret 2016 mendatang. Menurutnya, selama periode berlangsung, respons masyarakat cukup bagus.

“Bagus, banyak masyarakat yang sudah beli,” ujarnya.

Dikatakan Yus, ada banyak pilihan warna dan model yang telah disiapkan Hypermart. Mulai dari gambar tempat bersejarah di Indonesia seperti Candi Borobudur, hingga kata-kata bijak yang berisi soal go green.

“Kami sadar bahwa ini adalah bagian dari gaya hidup yang harus mulai diterapkan dan dibiasakan agar kita semua bisa membuat lingkungan lebih bersih,” katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan peraturan pemerintah tentang pembatasan penggunaan kantong plastik, pemakaian kantong belanja berbayar telah berlaku mulai tanggal 21 Februari 2016 lalu. Dengan adanya program promo ini, pihaknya berharap masyarakat mau beralih untuk membeli tas belanja yang ramah lingkungan.

“Bayar di muka agak mahal tapi bisa dipakai seumur hidup dan aman untuk lingkungan. Tidak seperti plastik,” ujarnya.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih,” katanya kepada Radar, kemarin.

Tas belanja ini merupakan tas yang terbuat dari bahan alami sehingga ramah lingkungan. Gerakan membeli tas belanja yang ramah lingkungan ini juga merupakan dukungan nyata Hypermart untuk mendukung pembatasan penggunaan kantong plastik. “Bahannya natural, organic, go green,” ujarnya.

Menindaklanjuti program pemerintah pembatasan penggunaan kantong plastik, Hypermart Cirebon menggelar promo untuk mendorong masyarakat membeli tas belanja. Disampaikan oleh Opening Manager Hypermart Cirebon, Yus Nandi setiap konsumen yang melakukan transaksi minimal Rp200 ribu, dapat membeli tas belanja seharga mulai dari Rp5 ribu.


Usaha Kreatif dari Tanaman Penggangu dengan Hasil yang Membuat Tersenyum | jual kain spunbond eceran



Selain menggunakan media online, jangan lupa pula untuk memasarkan melalui pameran atau bazar. Ikuti terus informasi terkini mengenai pameran atau bazar industri. Dengan memamerkan produk Anda tersebut, maka masyarakat akan semakin mengenal produk-produk Anda.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan pengiriman yang tepat. Anda harus mengetahui cara pengemasan yang tepat agar produk kerajinan Anda tidak rusak saat dikirimkan. Kini Anda tahu bahwa usaha kreatif ini juga memiliki prospek yang besar. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda semakin yakin untuk segera memulai usaha kreatif kerajinan tangan ini.

Untuk membuat produk yang diterima masyarakat, tentu Anda harus memerhatikan kualitas produk yang Anda buat. Teruslah bereksprerimen agar produk kerajinan Anda menjadi produk yang berkualitas. Berkualitas artinya menarik, kuat dan tidak mudah rusak.
Untuk promosi Anda tidak terlalu pusing karena saat ini media promosi sudah beragam. Jika Anda memasarkannya di rumah, maka buatlah akun media sosial, blog, website atau media online lainnya. Promosikan produk-produk kerajinan Anda tersebut dengan membuat foto yang menarik.

Bayangkan saja, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan omzet mencapai Rp. 30.000.000 per bulannya. Hasilnya sangat menggiurkan, bukan? Selain mendapatkan keuntungan dari usaha ini, Anda juga ikut melakukan daur ulang bahan.
Misalnya saja eceng gondok yang sering dianggap tanaman pengganggu atau gulma.

Dengan penanganan yang tepat, tanaman yang dinilai sebagai gulma ini justru memberikan keuntungan bagi Anda.

Untuk kerajinan eceng gondok sendiri, Anda bisa menjualnya mulai dari kisaran harga Rp. 3.000 saja. Namun jangan salah, ada pula produk kerajinan eceng gondok yang dibandrol dengan harga jutaan. Bagaimana jika eceng gondok sulit untuk didapatkan?

Sekali lagi, lihat terlebih dahulu bahan yang melimpah di sekitar Anda. Contoh bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk usaha kreatif ini adalah pelepah pisang, daun pandan, ataupun bahan plastik. Peluang omzetnya juga tidak main-main.

Pasalnya, bahan ini juga cukup berlimpah dan mudah didapatkan. Dari bahan ini, Anda sudah bisa memulai usaha kreatif seperti membuat partisi, membuat hiasan lampu, hiasan dinding, dekorasi untuk pengantin, dan lain sebagainya.

Karena bahannya mudah didapatkan, maka harga produk kerajinan tersebut tidak terlalu mahal namun tetap memberikan keuntungan. Untuk harga Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat kerumitan dan bahan yang digunakan.

Anda suka membuat kerajinan tangan? Jika saat ini hal itu masih menjadi sebuah hobi, maka tidak ada salahnya jika Anda mengembangkan hobi tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa mulai memikirkan untuk mengembangkan hobi tersebut menjadi sebuah usaha kreatif.

Tidak perlu terlalu memikirkan kerajinan apa yang akan Anda pasarkan. Cobalah lihat sekitar dan temukan bahan yang berlimpah di sekitar Anda. Salah satu bahan yang mungkin bisa Anda gunakan untuk memulai usaha ini adalah eceng gondok.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar