Jumat, 03 November 2017

Beramal dengan Tas Belanja Ramah Lingkungan

Kantong plastik berbayar untuk belanja di toko ritel | tas spunbond grosir jakarta

tas spunbond grosir jakarta


Ke depannya, perusahaan tersebut akan melanjutkan proyek dengan melakukan kampanye serta edukasi pola hidup sehat, dan supervisi program penyuluhan tentang perawatanseptic tank.

Tidak ada salahnya, mulai sekarang masyarakat mulai dilatih berpikir bijaksana dalam berbelanja. Apalagi, uji coba program kantong plastik berbayar yang telah berlangsung selama ini terbukti dapat memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia.

Untuk setiap pembelianBlue Bag, 100% dari nilai penjualan ditambah dengan sumbangan dari IKEA, akan disalurkan langsung ke pihak Mercy Corps Indonesia untuk menjalankan proyek sanitasi di Penjaringan yang sudah berjalan selama dua tahun.

Sejak ProyekBlue Bagdimulai pertama kali pada Oktober 2014 hingga Desember 2015, lebih dari 232.000 tas belanja IKEA telah terjual, dan digunakan untuk membangun sarana sanitasi limbah berupa 100 septik tank di Kecamatan Penjaringan, sambung Eliza.

Dia mengatakan sebanyak 75% penduduk Penjaringan masih mengandalkan air tanah sumur dangkal untuk sanitasi. Sementara itu, hanya 2% masyarakat setempat yang sudah memiliki akses terhadap sistem penyaluran air buangan yang disediakan pemerintah.

ProyekBlue Bagini dapat dijalankan karena adanya dukungan dari konsumen yang peduli lingkungan. IKEA tidak lagi memberikan kantong plastik kepada pelanggan, tapi kami memberi pilihan untuk membeli tas belanja ramah lingkungan ini.

Saat ini, lanjut Eliza, programBlue Bagtersebut telah berhasil mewujudkan pembangunan 100septic tankdengan sistemknockdownbagi masyarakat di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kecamatan Penjaringan dipilih untuk proyek ini karena merupakan salah satu daerah terpadat di Jakarta dengan jumlah penduduk lebih dari 300.000 jiwa dan kongesti 8.635/km persegi, jelasnya.

Meski belum banyak, berbagai peritel sudah mulai menjalankan aturan tersebut. Salah satunya adalah IKEA Indonesia. Peritel furniturknockdownyang berbasis di Swedia itu menjalankan program bernama IKEABlue Bag.

Marketing Manager IKEA Indonesia Eliza Fazia menjelaskan program tersebut telah dimulai sejak toko ritel tersebut pertama kali dibuka di Alam Sutera pada Oktober 2014. Menariknya, hasil penjualan tas belanjaBlue Bagitu digunakan untuk pembangunan sanitasi umum.

Apalagi, masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa dengan tas kresek untuk berbelanja sehari-hari. Setidaknya, menurut Roy, dibutuhkan waktu transisi selama enam bulan sebelum akhirnya masyarakat terbiasa menggunakan tas belanja.

Padahal, pada 21 Februari, pemerintah akan mulai menerapkan kebijakan tas plastik berbayar. Peritel akan menjual tas belanja seharga US$1. Sementara itu, untuk satu tas plastik, konsumen dikenai tarif 30% dari harga tas belanja.

Beberapa peritel besar sebenarnya telah menjalankan strategi tersebut. Mereka membuat kebijakan penghapusan kantong plastik untuk alasan kelestaarian lingkungan. Apalagi, selama ini sampah plastik di Indonesia paling banyak disumbang dari toko ritel.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, upaya menekan penggunaan kantong plastik harus dilakukan dengan sosialisasi yang baik di kalangan peritel maupun masyarakat agar tidak terjadi kericuhan.

Tanggapan masyarakat pun beragam. Ada yang keberatan, tapi tidak sedikit pula yang menyambut hangat. Peraturan yang direncanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu sudah mulai diberlakukan di banyak kota di Tanah Air sejak awal tahun ini.

Jika konsumen tetap ingin menggunakan kantong plastik untuk berbelanja, mereka akan dikenakan tarif tambahan.Nah, daripada mengeluarkan tarif untuk menumpuk sampah plastik, masyarakat dianjurkan menggunakan tas belanja yang dapat digunakan berulang kali.

Beberapa waktu lalu, masyarakat dihebohkan pada rencana pemerintah untuk menekan pencemaran dengan memberlakkuan taktik kantong plastik berbayar untuk belanja di toko ritel.

Hypermart Ajak Masyarakat Beli Tas Belanja Ramah Lingkungan | tas spunbond grosir jakarta



Jika stamp sudah terkumpul sesuai yang ditentukan, konsumen bisa menukarkannya dengan produk rumah tangga persembahan Vivo. Di antaranya, panci sayur 16 Cm, wajan penggorengan 24 Cm, panci sup 20 Cm, wajan bertutup 30 Cm, wajan penggorengan 28 Cm, dan panci sup 24 Cm.

“Semakin banyak belanja, semakin banyak dapat stamp, semakin cepat miliki produk Vivo,” jelasnya.

Sementara itu, bukan hanya promo tas belanja, Hypermart juga telah menyiapkan program stamp untuk setiap customer yang berbelanja menggunakan kartu Hicard. Stamp dikumpulkan untuk mendapatkan koleksi produk Vivo. Periode pengumpulan stamp mulai tanggal 4 Februari hingga 29 Juni 2016 mendatang. Sementara periode penukaran stamp mulai tanggal 4 Februari hingga 13 Juli 2016. “Setiap belanja Rp50 ribu berlaku kelipatannya,” ujarnya.

Program ini berlangsung mulai periode 19 Februari hingga 19 Maret 2016 mendatang. Menurutnya, selama periode berlangsung, respons masyarakat cukup bagus.

“Bagus, banyak masyarakat yang sudah beli,” ujarnya.

“Kami sadar bahwa ini adalah bagian dari gaya hidup yang harus mulai diterapkan dan dibiasakan agar kita semua bisa membuat lingkungan lebih bersih,” katanya.

Dikatakan Yus, ada banyak pilihan warna dan model yang telah disiapkan Hypermart. Mulai dari gambar tempat bersejarah di Indonesia seperti Candi Borobudur, hingga kata-kata bijak yang berisi soal go green.

“Bayar di muka agak mahal tapi bisa dipakai seumur hidup dan aman untuk lingkungan. Tidak seperti plastik,” ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan peraturan pemerintah tentang pembatasan penggunaan kantong plastik, pemakaian kantong belanja berbayar telah berlaku mulai tanggal 21 Februari 2016 lalu. Dengan adanya program promo ini, pihaknya berharap masyarakat mau beralih untuk membeli tas belanja yang ramah lingkungan.

Tas belanja ini merupakan tas yang terbuat dari bahan alami sehingga ramah lingkungan. Gerakan membeli tas belanja yang ramah lingkungan ini juga merupakan dukungan nyata Hypermart untuk mendukung pembatasan penggunaan kantong plastik. “Bahannya natural, organic, go green,” ujarnya.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih,” katanya kepada Radar, kemarin.

Menindaklanjuti program pemerintah pembatasan penggunaan kantong plastik, Hypermart Cirebon menggelar promo untuk mendorong masyarakat membeli tas belanja. Disampaikan oleh Opening Manager Hypermart Cirebon, Yus Nandi setiap konsumen yang melakukan transaksi minimal Rp200 ribu, dapat membeli tas belanja seharga mulai dari Rp5 ribu.


Eco Bags, Tas Yang Ramah Lingkungan | tas spunbond grosir jakarta



Bandingkan apabila kita menggunakan eco bags yang menggunakan kain ramah lingkungan karena mudah terurai. Tas kanvas ini juga dapat digunakan berulang kali dengan variasi model yang cantik. Anda pun akan bangga menentengnya. Selain tampilannya cantik, anda patut bangga karena turut menjaga kelestarian lingkungan.

Plastik biasanya dibuat menggunakan bahan polimer polivinil yang terbuat dari polychlorinated. Bahan ini merupakan bahan yang sulit untuk terurai dan tidak ramah lingkungan. Plastik juga hanya dapat digunakan sekali karena jika robek sudah tak bisa digunakan. Tampilan plastik juga biasa dan kurang stylish.

Pengenalan eco bags sebagai solusi pintar pengganti platik ini membutuhkan sosialisasi mengenai perbandingan menggunakan plastik dan eco bags, karena masyarakat menganggap kantong plastik lebih praktis. Plastik digunakan sekali dan dibuang sekali. Padahal, penggunaan eco bags yang justru bisa dapat menghemat biaya karena dapat digunakan berulang kali.

Cara untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan melakukan daur ulang dan mengurangi penggunaan kantong plastik. Kita dapat mengganti penggunaan plastik dengan eco bags atau Goodie Bag. Saat ini, eco bags mulai diperkenalkan kepada masyarakat karena kebanyakan masyarakat masih menggunakan kantong plastik dibandingkan menggunakan eco bags.

Saat berbelanja atau membeli sesuatu, kita pasti akan mendapat kantong plastik. Apalagi jika barang bawaan berat, tentu kita meminta kantong plastik lebih dari satu untuk melapisinya. Bagaimana nasib platik tersebut? Tentu akan menjadi sampah.

Konsumsi plastik yang berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan sampah plastik. Diperkirakan untuk terurai plastik memburuhkan waktu 100-500 tahun. Hal ini dikarenakan plastik bukan berasal dari senyawa biologis dan memiliki sifat sulit terdegradasi. Sampah kantong plastik yang menumpuk dapat mencemari lingkungan baik darat, laut, bahkan udara. Salah satu dampak sampah plastik yang sering kita rasakan adalah banjir.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar