Kamis, 09 November 2017

Menteri Lingkungan klaim uji coba tas plastik berbayar 'berhasil'

Peringatan Hari Perduli Sampah Nasional -yang jatuh pada 21 Februari | goodie bag

goodie bag


"Jadi kita lihat lompatan angkanya tinggi," tegas Menteri Siti Nurbaya.Sejak diterapkan Februari 2016 lalu hingga akhir tahun, pembayaran tas plastik sebesar Rp200 oleh konsumen dilaporkan mendorong turunnya penggunaan tas plastik sekitar 30% hingga 50%.Bagaimanapun upaya itu tidak bisa langsung dijadikan sebagai peraturan yang mengikat, karena masih adanya penentangan.

"Pertama karena ada yang menanyakan akuntabilitas penggunaan dananya. Apakah untuk kampanye (lingkungan) atau untuk apa atau masuk ke pengecer," jelas Siti Nurbaya kepada Nuraki Aziz dari BBC Indonesia, lewat percakapan telepon usai puncak peringatan Hari Perduli Sampah Nasional, di Surabaya, Selasa (28/02).

Dalam rangkaian peringatan Hari Perduli Sampah Nasional -yang jatuh pada 21 Februari namun dengan puncaknya pada 28 Februari- dipaparkan pula informasi tentang keterlibatan komunitas dalam pelestarian lingkungan di Indonesia.

"Berdasarkan catatan yang saya terima dari seluruh Indonesia, sebanyak 226 kabupatan dan kota dalam bulan Februari 2017 ini melakukan gerakan kebersihan sampah yang melibatkan atau didukung fasilator, kolaborator komunitas, sebanyak 9.550 komunitas di seluruh Indonesia.,Hal itu meningkat dari catatan tahun 2016, hanya terdapat 2024 komunitas dari 151 kabupaten dan klota.

Sementara Asosiasi Ritel, tambah Menteri Siti, sejauh ini masih menolak untuk dibebani pelaporan admiistrasi bergaya pemerintah dengan alasan sudah sibuk dengan pengelolaan binisnya.Beberapa persiapan untuk meningkatkan uji coba tersebut sedang dikaji termasuk pendekatan pada sektor produksi yang tidak membebani para konsumen.

"Jadi produksilah plastik-plastik yang sesungguhnya bukan plastik, misalnya dari nabati, dari rumput laut, atau dari singkong. Jadi hal-hal seperti itu sekarang kita susun, sedang dalam tahap finalisasi untuk tahap regulasinya."

’’Paper Bags’’ Gerakan Nyata Pebisnis Wujudkan Cinta Lingkungan | goodie bag


Tas plastik atau kresek adalah produk yang kini mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Mengingat, dibalik kemudahannya dalam menyimpan produk atau barang, tas kresek berpotensi merugikan kehidupan masyarakat luas.

Selain itu, bahaya bahan plastik yang susah di daur ulang dan diurai oleh tanah.Oleh karena itu, sebagian pebisnis kini memiliki terobosan dengan menyediakan kemasan tas kertas yang menjadi solusi bagi gerakan nyata cinta lingkungan.

Pihaknya berupaya tidak hanya mengejar segi keuntungan bisnis, namun tetap memperjuangkan gerakan moral cinta dan peduli lingkungan. ‘”Dengan memperkenalkan tas kertas atau paper bags sebagai alternatif kemasan pengganti tas plastik kepada masyarakat umum, kami memberikan pilihan terbaik dengan menawarkan kemasan yang lebih baik dan lebih unik,” jelasnya.Hal senada diungkapkan Afifah, salah seorang penyedia paper bags lainnya.

’Kami menyediakan paper bags (kantung kertas) yang terbuat dari kertas yang dihiasi dengan pita yang menjadi daya tarik konsumen saat ini,’’ ujar Ridwan, salah seorang penyedia paper bag dikawasan Denpasar, Selasa (30/5).

Lanjutnya, selain dapat didaur ulang serta ramah lingkungan, harga produknya ini juga cukup terjangkau, dengan harga mulai ribuan rupiah hingga puluhan ribu rupiah per pcsnya.

Ketika Tas Plastik Ikonis Diubah Menjadi 4 Fashion Item Keren | goodie bag


Tas belanja Ikea, furniture retailer asal Skandinavia kembali menjadi perbincangan. Ini bukanlah desain baru dari Ikea, namun tas belanja ikonis Ikea dengan material plastik dan tali tambang berlogokan Ikea ini baru saja ditiru oleh salah satu brand fashion ternama.

Namun akhir-akhir ini, beberapa orang dengan kreativitas mereka menyulap tas tersebut menjadi fashion item yang memiliki nilai lebih. Penasaran seperti apa penampakannya? Berikut seperti yang dilansir dari Allure.com, Jumat (12/05/2017).

Sejak dilansirnya tas yang menyerupai tas belanja Ikea dengan harga selangit, orang-orang justru kembali mencari dan membeli tas belanja Ikea. Tak hanya dijadikan sebagai tas belanja saja, bahkan beberapa orang berhasil menggunakannya layaknya tas fashion untuk menunjang tampilan mereka.






1 komentar:

  1. titanium arts
    TATONIC ART CUSTOMING · ventureberg.com/ TATONIC communitykhabar ROCKING T-TATONIC ROCKING T-TATONIC ROCKING T-TATONIC. This unique kadangpintar and original design titanium earrings is crafted with the septcasino use of sustainable

    BalasHapus