Selasa, 21 November 2017

Tenun Lawe Modern Penggerak Ekonomi

Kekayaan tenun Indonesia masih bisa dikembangkan | goody bag kreatif


goody bag kreatif


Ia menerangkan, konsep awal dari Lawe sendiri merupakan community social enterprise di mana keuntungan yang didapat digunakan untuk kepentingan bersama dan juga untuk program pemberdayaan manusia. "Kita sistemnya tim, tim inti di workshop ada 17 orang, kemudian kalau untuk teman bermitra seperti penenun kita kerja sama dengan juga para penjahit," ungkapnya, beberapa waktu lalu. Rata-rata penjahit di Lawe, ia katakan, ibu-ibu yang mengerjakan pesanan di rumah masing-masing. Dengan begitu, para ibu penjahit dapat memiliki waktu lebih banyak bersama keluarganya.

Harapan besar juga ia gantungkan kepada pemerintah. Ia meminta pemerintah membantu usaha berbasis kerajinan tangan seperti ini bisa dengan pengurangan pajak dan juga sarana promosinya. Dengan begitu, ia meyakini keberadaan industri lokal seperti ini akan mampu berkembang lebih pesat yang pada akhirnya mendukung tumbuhnya perekonomian nasional. 

Personel yang ada di Lawe saat ini berjumlah 17 orang dengan terbagi di sejumlah divisi. Antara lain, divisi produksi, pemasaran, administrasi, serta dua orang penjahit in house. "Kalau penjahit di rumah masing-masing ada 25 orang," ujar dia. 

Saat ini, Lawe sudah memiliki 20 outlet yang tersebar di Jakarta, Yogya, dan Bali di mana sebagian besar merupakan kerja sama dengan menitipkan produk Lawe. Omzetnya sendiri per tahun mencapai Rp 2 miliar untuk penjualan lokal dan internasional. Hasil keuntungan, ia katakan, dialokasikan untuk gaji dan juga membeli bahan untuk operasional sebagai stok bahan baku.

Ada cerita menarik saat mengikuti pameran di Vietnam. Ia mengaku mendapat tawaran yang sangat menggiurkan dari sebuah perusahaan ritel asal Jepang. Perusahaan yang memiliki 11 ribu gerai tersebut meminta Lawe memasok produknya di setiap gerai yang ada. Keterbatasan SDM membuat Lawe belum bisa menerima tawaran tersebut.

Mengenai keberhasilan menembus pasar dunia, ia mengaku mendapat dukungan dari jaringan antarteman sehingga sangat terbantu. Meski begitu, Lawe sangat selektif dalam memasarkan produknya ke luar dan memperhitungan dengan masak.

Ia beralasan, Lawe tidak hanya menjual produk, tetapi juga membangun kedekatan personal dengan para pembelinya. Pembeli bahkan tertarik dan mengajak kerja sama untuk mengadakan program, seperti penyuluhan pembuatan kerajinan tangan di daerah asal pembeli. 

Pasar nasional, Lawe memfokuskan diri di Jakarta, Yogyakarta, dan beberapa titik di Bali. Sedangkan, untuk pasar internasional, produk Lawe sudah melanglang buana hingga ke Jepang, Belgia, Australia, hingga Amerika Serikat.

Bicara strategi pemasaran, Lawe sangat sederhana dengan menguatkan family base dan juga kerabat terdekat. Meski mengenalkan produknya lewat dunia media sosial, Lawe tetap menekankan pada penjualan secara langsung. 

Sempat merasakan jatuh bangun sejak awal berdiri, baru pada 2010 Lawe sudah bergerak lebih stabil di mana produk yang dihasilkan sudah berhasil diterima konsumen tak hanya di Indonesia, tetapi juga pasar internasional.

"Ternyata, setelah kita presentasikan sendiri, bagus hasil dan responsnya, story behind the product bantu sekali," kata dia. Ia menyebut, justru para ekspatriat yang mengapresiasi hasil tenunnya. Oleh karena itu, Lawe sangat terbantu dengan promosi cuma-cuma yang dilakukan para ekspatriat.

Pada 2005, Lawe mulai memberanikan diri membawa produknya masuk ke pasar nasional. Namun, tidak sesuai yang dibayangkan lantaran sempat tersendat. Meski sempat pesimistis, ia mengaku tidak patah arang dan kembali memasarkan pada 2007 dengan mempresentasikan sendiri produknya.

Ketika mereka mulai mengembangkan produk tak hanya kain, konsumen pun banyak yang tertarik. Apalagi, ketika itu Lawe membuat produk berbeda yang lebih modern dan simpel. Namun, ketika mengetahui harganya, kebanyakan orang mulai menimbang ulang untuk membeli.

"Karena, untuk beli tenun saja sudah tinggi, apalagi setelah diolah jadi produk," ujar dia. Hal itu ia katakan menjadi tantangan tersendiri bagi Lawe.

Kualitas tenun di Lawe ia dorong untuk lebih berani bermain warna, dinamis, dan juga mengangkat potensi lokal suatu daerah. Produk pun dikembangkan tak hanya menjadi secarik kain, tapi juga beragam bentuk, seperti tas, bantal, kantong, hingga home decor. Meski berasal dari Yogyakarta, Adinindyah berusaha mengembangkan kain tenun dari Sumba Timur, Lampung, dan Pontianak.

Dengan modal awal sekitar Rp 3 juta, dana patungan bersama teman-temannya, pada 2004, ia mendirikan Lawe. Mayoritas modal awal dialokasikan untuk membeli kain. "Dari situ, kita mulai eksperimen untuk produknya, eksplorasi pewarnaan motif, kalau pengembangan produknya, kita bekerja sama dengan kelompok perajin penjahit," katanya.

Namun, usaha dan perjuangannya dalam pengembangan kain tenun sebenarnya tak bermula dari 1,5 tahun lalu. Jauh sebelum itu, ketika masih hobi mengunjungi setiap pelosok, ia melihat sendiri beragamnya kain Indonesia. Hal ini membuat matanya terbelalak akan potensi tenun nasional yang belum tergarap dengan maksimal. 

Lawe membentuk kain dari sederhana hingga berwarna dan bertransformasi dalam bentuk sepatu, tas, bahkan pakaian yang unik dan etnik. Stagen tidak lagi melulu untuk dipasang di perut perempuan sehabis melahirkan. Hal ini dikembangkan oleh Dreamdellion dan Lawe guna memastikan hasil tenun stagen berwarna (rainbow stagen) menjadi alternatif ekonomi yang baik bagi warga setempat daripada mereka melakukan penambangan pasir Kali Progo. 

Menurutnya, kekayaan tenun Indonesia masih bisa dikembangkan lebih lagi demi menarik minat konsumen. Atas dasar itulah, ia berinisiatif mendirikan Perhimpunan Lawe sejak akhir 2014 dengan harapan adanya inovasi anyar dari kualitas tenun Tanah Air.

Antara cinta dan gemas, itulah yang ada dalam pikiran Adinindyah. Ia begitu cinta dengan beragam kain dari seluruh penjuru Tanah Air. Namun, ia gemas dengan kualitas produksi tenun Tanah Air yang itu-itu saja. 

Hal itulah yang menjadi keteguhan dari Adinindyah dan keempat kawannya dalam pengembangan usaha Lawe. Kepada wartawan Republika, Muhammad Nursyamsyi, Ketua Perhimpunan Lawe dan Pelestari Tenun asal Yogyakarta Adinindyah membeberkan perjuangannya dalam mewujudkan tenun untuk kehidupan atau weafing for life.

Indonesia adalah negara yang kaya seni dan budaya, salah satunya adalah kain tradisional. Kain tradisional di negeri tak hanya tercetak dalam secarik batik. Ada pula kain tenun ikat, songket, hingga lurik. Sayang, memang jikalau potensi kain tenun ini tak benar-benar dimaksimalkan. 

SDN Sukorejo I Bojonegoro, Pamerkan Kerajinan Berbahan Sampah Plastik | goody bag kreatif




“Ini untuk mengasah kreatifitas siswa dalam hal kerajinan. Selain itu juga untuk memanfaatkan sampah plastik, dari pada dibuang, akhirnya kita manfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga memiliki nilai jual yang tinggi,” ungkapnya.

Dalam pameran LBM tersebut, kerajinan dari daur ulang sampah yang paling diminati adalah tempat pencil dan tempat tisu. Harga dari kerajinan tersebut bervariatif berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 45 ribu.

Daur ulang sampah plastik yang digunakan sebagai bahan kerajinan itu adalah bungkus makanan dan miniman ringan. Untuk proses pembuatan kerajinan itu sendiri juga memakan waktu sedikit lama. Sebab, harus menyiapkan bahan-bahan dengan mengumpulkan sampah plastik dan koran bekas.

Pembuatan kerajinan daur ulang tersebut untuk memanfaatkan dan mengurangi sampah plastik. Selain itu, juga untuk melatih kreatifitas anak-anak dalam hal kerajinan. Tidak hanya itu, kerajinan berbahan sampah plastik dan koran bekas itu memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Kepala Sekolah SDN Sukorejo I Bojonegoro, Siti Maisaroh, S.Pd menjelaskan, kerajinan daur ulang dari sampah plastik dan koran bekas ini meliputi tas, tempat tisu, tempat pensil, pot bunga serta penutup makanan. Semua Kerajinan tersebut murni hasil dari karya murid-murid SDN Sukorejo I Bojonegoro.

“Semua kerajinan tangan ini berbahan dari daur ulang sampah plastik dan korban bekas. Semua murni hasil karya sendiri dari murid-murid kelas 4 sampai kelas 6,” katanya, Kamis (17/11/2016).

Sebagai pemenang juara II (dua) Lomba Budaya Mutu (LBM) terkait Kebersihan dan Kerindangan, SDN Sukorejo I yang berada di wilayah UPT Dinas Pendidikan Kota Bojonegoro itu, mengikuti pameran pemenang Lomba Budaya Mutu (LBM) yang digelar di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Kamis (17/11/2016). Dalam pameran tersebut, berbagai kerajinan yang ditampilkan oleh SDN Sukorejo I itu berbahan dari daur ulang sampah plastik dan koran bekas.

IBU-IBU OLAH SAMPAH JADI PRODUK EKONOMIS | goody bag kreatif




”Harapannya, ibu-ibu ini punya kesibukan lain. Syukur-syukur bisa menambah penghasilan keluarga,” ucapnya. Karena jika ditangani dengan serius, sampah yang mulanya tidak memiliki nilai, bisa menjadi barang berharga.

Selain mendapat support penuh dari PT SAT, pelatihan didukung Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Malang. ”Acara ini selaras dengan program BMH, terutama dalam hal pemberdayaan,” kata Ruwiyanto, bagian program pendayagunaan BMH Malang.

Dua instruktur dari Bank Sampah Malang (BSM) akan memandu peserta sampai bisa membuat karya,” terangnya.

Regional Corcom Manajer PT SAT M. Faruq Asrori menambahkan, acara program tersebut merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) perusahaannya. Tujuannya, selain ikut mengatasi persoalan lingkungan, juga untuk memberdayakan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga.

Dia menambahkan, ada dua macam training yang akan diberikan. Yaitu, mengolah koran bekas menjadi aneka kerajinan, serta mengubah duar ulang sampah plastik (tas kresek) menjadi tas belanja yang memiliki nilai ekonomis.

Sentuhan kreativitas bisa membuat sampah atau barang tak berguna memiliki nilai lebih. Karena itu, edukasi dan pelatihan mengolah sampah tak terpakai menjadi beragam kerajinan perlu digencarkan lagi. Hal itulah yang mendasari Jawa Pos Radar Kanjuruhan menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk dengan menggelar pelatihan daur ulang sampah.

Pelatihan digelar hari ini, Sabtu (21/10), mulai pukul 09.00 di aula lantai 2 kantor Jawa Pos Radar Kanjuruhan, Jalan Raya Pepen 99, Pakisaji, Kabupaten Malang.

”Kami mengundang 30 anggota tim penggerak PKK Desa Mojosari untuk mengikuti pelatihan ini,” ujar Manajer Jawa Pos Radar Kanjuruhan Happy Roikhan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar