Selasa, 13 Juni 2017

Di Ungaran, 70 Persen Pelanggan Tinggalkan Kantong Plastik

Kebijakan kantong plastik berbayar mulai menunjukkan tren yang positif | harga goody bag


harga goody bag



Belanja Rp 101.00 hingga Rp 200.000,- diberikan potongan Rp 200,- demikian seterusnya.

Potongan harga tersebut bisa diambil atau didonasikan.

Salah seorang kasir Superindo Ungaran, Anisa (19) mengatakan, sudah sekitar dua tahun terakhir ini Superindo menerapkan kebijakan packing belanjaan menggunakan kardus.

Tadi waktu dikasir ditawari pakai kardus, dapat potongan harga tapi saya donasikan. saya pikir ini Lebih ringkas ya pakai kardus. Dirumah juga mulai saya kurangi," ungkap Sudarmi (34) warga Langensari, Ungaran, Sabtu (20/2/2016) ditemui usai membayar dari kasir.

Bagi konsumen yang berbelanja di supermarket berjejaring ini, setiap belanja dengan kelipatan Rp 50.000 sampai Rp 100.000 tanpa kantong plastik diberikan potongan Rp 100,-.

Seperti yang berlaku di gerai Superindo, Jl Diponegoro no 206 Ungaran. Setiap konsumen diberikan dua pilihan packing barang belanjaan, kantong plastik atau kardus.

Konsumen akan mendapatkan benefit berupa potongan harga, jika memilih packing menggunakan kardus.

 Perilaku konsumen disejumlah retail di Kabupaten Semarang menjelang penerapan kebijakan kantong plastik berbayar mulai menunjukkan tren yang positif.

Meski belum sepenuhnya paham mengenai manfaat dari kebijakan kantong plastik berbaya, namun konsumen cenderung mengikuti arahan dari pihak kasir atau customer service.

Di Superindo, Belanja Tak Pakai Kantong Plastik Langsung Dapat Diskon | harga goody bag



Kami sudah menerapkan kebijakan ini lama sekali. Dan setiap kali kami order kantong plastik, jumlahnya terus menurun,” imbuhnya.

Rachmat menambahkan, penggunaan Superindo memang masih menyediakan kantong plastik. Biasanya untuk konsumen yang menggunakan sepeda motor atau pembelian dalam jumlah kecil.

“Kami sudah siap dengan kebijakan yang akan diberlakukan (kantong plastik berbayar), karena kami sudah biasa,” pungkasnya.

Karena bila dibandingkan, penggunaan satu dus sama dengan empat kantong plastik.

Contohnya, membungkus dua botol minyak goreng dibutuhkan dua kantong plastik agar tidak jebol. Namun untuk membawa dua botol minyak goreng cukup menggunakan satu buah kardus.

“Tidak mungkin kita menawarkan penggunaan dus tapi dusnya tidak ada. Karena itu, kami jamin ketersediaan dus di kami,” tambah dia.

Kebijakan tersebut, sambung Rachmat, diberlakukan agar konsumen lebih tertarik untuk mengurangi sampah plastik.

Bagi konsumen yang tidak menggunakan kantong plastik, Superindo akan memberikan bonus berupa diskon sebesar Rp100 setiap pembenjaan Rp100.000.

Rachmat mengaku, karena konsumennya berasal dari masayarakat kelas menengah ke atas dan sebagian besar memiliki mobil, maka mereka mau mengganti kantong plastik dengan kardus.

Hal terpenting saat ini adalah ketersediaan kardus di Superindo.

“Kalau konsumen tidak mau, baru kantong plastik ditawarkan. Pokoknya, penggunaan kantong plastik adalah yang paling akhir kami tawarkan. Syukur-syukur kalau konsumen membawa kantong belanjaan sendiri,” ujar Rachmat saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/2/2016).

Asisten Manajer Superindo Jalan Antapani Bandung, Rachmat Saputro mengatakan, kasir di pusat belanja itu menawarkan kardus untuk membungkus makanan atau membeli green bag seharga Rp 9.000.

Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, Superindo memberlakukan diskon atau potongan.
Diskon diberikan bagi para konsumen yang tidak menggunakan kantong plastik untuk membawa belanjaan mereka.


Kampanye Gramedia untuk Hemat Kantong Plastik | harga goody bag


Setiap pengunjung yang datang dan berfoto di booth yang telah disediakan, juga berkesempatan mendapatkan go green Gramedia bag, hingga voucher belanja sebesar Rp 1 juta.

Selain di Jakarta, Gramedia juga akan mengadakan kampanye ini di kota lain yakni Surabaya, Jogjakarta, Palembang dan beberapa kota besar yang ada di Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Gramedia juga mengajak para pengunjung untuk berpartisipasi.

"Saat ini pemerintah sedang mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik, dengan kegiatan ini kami ingin membantu mengurangi masalah tersebut," kata Retno.

Public Relation Gramedia, Elisabeth Retno mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Gramedia terhadap penggunaan kantong plastik di Indonesia yang menyebabkan sampah plastik semakin tidak terkontrol.

 Guna membantu mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik di Indonesia, Sabtu (2/4/2016), PT Gramedia Asri Media, mengadakan program "Capture Your Campaign" di Puri Indah Mal, Jakarta Barat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar